Hal apa yang harus dilakukan jika HP/Handphone kena air atau terendam air ?


Apa yang anda rasakan jika Handphone atau Smartphone anda terendam air??




1. Langsung Matikan HP Anda
Pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah dengan segera mematikannya. Karena jika tidak segera dimatikan, maka akan terjadinya resiko konsleting itu besar kemungkinannya. Meskipun ponsel terlihat tertutup rapat oleh casing, tetapi dipastikan air dapat dengan mudah masuk ke dalam ponsel. Jadi, jika hp segera dimatikan, maka kemungkinan ponsel tersebut akan selamat dan terhindar dari kerusakan.

2. copot Semua Cover dan Baterai
Setelah melakukan hal yang pertama, maka hal yang harus dilakukan berikutnya adalah dengan mecopot cover atau casing dan baterai dari ponsel. Mencopot bagian cover ponsel bertujuan untuk mengeringkan bagian dalam ponsel. Dan tujuan utama mencopotkan baterai yang masih tertanam pada ponsel tersebut, yakni menghindari terjadinya konslet. Karena meskipun ponsel dalam keadaan mati, namun aliran listrik dari baterai masih tetap mengalir.

3. copot dan keluarkan memory card dan kartu SIM
Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, copotkan kartu memori dan katu SIM. Karena jika kedua alat ini terkena air terutama pada bagian metal kontak yang dapat terjadi korosi yang bisa merusak memori dan kartu SIM tersebut. Data-data yang terdapat pada kartu SIM dan memori kadang lebih penting dari HP itu sendiri.

4. Keringkan Menggunakan Kain Atau Tisu
Jiak ketiga cara diatas telah dilakukan, maka segeralah keringkan perangkat dengan menggunakan handuk atau bahan yang mampu menyerap air secara cepat, dengan tisu contohnya. Keringkan hingga ke setiap sudut-sudut perangkat dari ponsel, agar air yang mungkin masuk cepat kering.

5. Gunakan Vacuum Cleaner (Penyedot Debu)
Mengeringkan dengan menggunakan alat yang satu akan jauh lebih baik. Karena dengan cera kerjanya yang menyedot, membuat air yang terdapat pada ponsel akan tersedot dan tidak akan menghantarkan panasa pada komponen ponsel.

Sumber : pricearea[dot]com

Written by: Amrico Zulni
Nice Blog, Updated at: 19.59

0 comments:

Posting Komentar