apa itu kungfu wing chun ?


Sebelumnya mungkin anda telah mengetahui wing chun  dari film yang terkenal seperti film IP Man,  mungkin anda sedang  mempelajari wing chun, atau bahkan anda adalah seorang shifu (guru) nya.. 
nah jika anda belum mengetahui apa itu wing chun, bahkan baru mendengan kata "wing chun", maka mohon izinkan saya untuk sedikit mengulasnya disini.


IP Man Movie




Donnie Yen : Pemeran Ip Man 


Wing Chun atau Ving Tsun adalah salah satu kungfu terkenal ciptaan Biarawati Shaolin Ng Mui pada tahun 1700-an. Beliau memadukan teknik-teknik terbaik dari Kungfu Tradisional Shaolin menjadi jurus yang sederhana dan efektif. Beliau lalu mengajarkan kungfu ini kepada Wing Chun yang kemudian namanya digunakan oleh Beliau sebagai nama dari seni kungfu ini.

Wing Chun hanya memiliki tiga bentuk tangan kosong yaitu Siu Lim Tao, Chum Kiu, dan Biu Gee. Setiap bentuk melatih murid dari pemula hingga tingkat lanjut secara berturut-turut. Praktisi Wing Chun juga berlatih Chi Sau dan latihan Boneka Kayu (Mok Yan Jong) untuk meningkatkan kecepatan refleks. Pukulan lurus dan serangan pada titik vital membuat Wing Chun menjadi kungfu yang sangat efektif.


Wing Chun sangat populer tidak hanya di China namun juga di negara barat karena jurus-jurusnya yang sederhana dan gampang dipelajari. Wing Chun diperkenalkan ke barat oleh Bruce Lee pada akhir 1960-an yang mana merupakan perkenalan paling berpengaruh tentang kungfu China diluar dari China. Hubungan Bruce Lee dengan kungfu Wing Chun merupakan faktor utama dalam kesuksesan Wing Chun secara terus menerus dalam beberapa tahun ini.
Legenda Bruce Lee



Para pendekar seni bela diri sangat menghargai kecepatan dan kesederhanaan materi serangan yang ditawarkan dalam Wing Chun. Kungfu ini menekankan pentingnya mengalahkan musuh dengan metode ketimbang kekuatan, menggunakan metode yang sesuai dengan situasi dan lawan tertentu sehingga kita dapat mengalahkan musuh dengan keahlian dan kecerdasan. Wing Chun menggunakan pernafasan chi yang efisien, teknik tangan yang berubah-ubah, kuda-kuda fleksibel, dan gerak langkah kaki yang bebas dan cepat.


agar anda dapat mengenal gerakan gerakan wing chun tersebut saya sarankan untuk menonton film IP Man, yang terdiri dari Ip Man 1, Ip Man 2 dan Ip Man : The legend is born yang bisa anda dapatkan ditoko kaset kesayangan anda. 
dan kebetulan saya juga sedang belajar wing chun jadi bisa sekalian promosi perguruan kali yaa.. hehehe
perguruan wing chun kami bernama : wing chun fist club, latihan diadakan di ciputat kampus UIN jakarta setiap : rabu malam dan sabtu malam.. jika anda berminat dan dekat dari lokasi silahkan datang. 
untuk pertanyaan bisa koment di postingan ini atau kirim ke e-mail : amricozulni@gmail.com.

Terimakasih  semoga bermanfaat.


referensi : www.harimau-besi.com/




Written by: Amrico Zulni
Nice Blog, Updated at: 20.06

2 comments:

Ya..IP Man...
Mau belajar deh kalo sifu-nya Donnie Yen..hihi

EH..semua kung fu yang di IP Man itu jenis Wing Chun ya?
keseimbangannya kerennn..

to irly : .. boleh langsng dateng ke hongkong aja mba.. hehhe

setahu saya gak semua kungfu yg di film IP Man itu wing chun mba..

Posting Komentar