Bagaimana Kunang-kunang Bisa Bercahaya ?



Cahaya redup dari kunang-kunang membuat orang merinding. Proses yang membuat serangan menyala ternyata sangat menajubkan.



Terdapat lebih dari dua ribu spesies kunang-kunang atau serangga petir yang sebenarnya kumbang bersayap ini.serangga ini biasanya hanya muncul di musim panas karena mereka berkembang dilingkungan hangat dan tropis. mekanisme cahaya kunang-kunang memiliki beberapa tujuan. kunang-kunang bersinar ketika masih menjadi larva kecil. kedip pucat kunag-kunang merupakan peringatan bagi predator.

Menurut studi penelitian Tufts University, larva kunang-kunang banyak mengandung bahan kimia yang merupakan racun bagi hewan dan manusia. Lalu apa yang membuat mereka bersinar ??


Menurut penelitian Harvard Medical School, cahaya itu merupakan hasil pencampuran oksigen, pigmen yang disebut luciferin, enzim luciferase, bahan kimia adenosin triphospate ( ATP) ( jadi inget pelajaran Biologi di SMA:)) yang menyediakan sel energi.

Kristal asam urat yang terletak  dalam sel diaktifkan untuk membuata cahaya dan bertindak sebagai lapisan reflektif dan cahaya dari badan serangga.


Namun, pola kedip perut kunang-kunang masih menjadi misteri karena  ilmuwan tak yakin apakah pola itu dikendalikan oleh sel-sel saraf serangga atau suplai oksigen.
ilmuwan hanya mengetahui kegunaan kedipan itu, kunang-kunang dewasa mengririm sinyal intermiten yang berbeda untuk menarik perhatian pasangan masa depannya.


Kunang-kunagn jantan dan betina menyalakan lampu hijau mereka ketika memilih jodoh dan menggunakan kedip lampu sebagai sarana berkomunikasi selama pacaran :).


Sumber : CampusIndonesia mei 2011

Written by: Amrico Zulni
Nice Blog, Updated at: 17.34

1 comments:

sudah bertahun-tahun aku tidak pernah melihat kunang-kunang ..hanya kerlip lampu dan sorot mobil di jalanan..

TFS ya.. :)

Posting Komentar