Kombinasi kopi dan makanan berlemak berbahaya bagi kesehatan

Hindari minum kopi saat Anda makan makanan tinggi lemak seperti fast food, karena bisa menyebabkan kenaikan gula darah sehingga membahayakan tubuh.

Tubuh orang sehat akan naik gula darahnya usai makan makanan tinggi lemak. Kenaikan tersebut bisa melonjak tajam jika dikombinasikan dengan minuman berkafein. Kenaikan gula darah akibat kombinasi makanan berlemak dan kafein bisa mencapai tingkat kadar gula darah penderita diabetes.

"Hasil penelitian menunjukkan kepada kita bahwa lemak jenuh dapat mempengaruhi kemampuan tubuh dalam membersihkan gula yang terdapat dalam darah, dan ketika dikombinasikan dengan kopi berkafein, dampaknya semakin buruk," kata Marie-Soleil Beaudoin, peneliti yang juga mahasiswa tingkat doktoral di Universitas Guelph, seperti dimuat dalam Journal of Nutrition.



"Menyimpan gula dalam darah dalam jangka waktu lama adalah tidak sehat dan memberatkan kerja organ-organ tubuh kita," tambahnya.


Penelitian yang dilakukan Beaudoin bersama dua profesor Guelph, Lindsay Robinson dan Terry Graham itu merupakan penelitan pertama yang mengkaji efek lemak jenuh dan kafein tehadap tingkat gula darah dalam tubuh, dengan menggunakan lemak murni yang tidak larut dalam air.

Dalam penelitian itu, enam orang pria diberi minuman berlemak satu gram untuk setiap kilogram bobot tubuhnya pada sajian pertama. Enam jam kemudian, mereka diberikan sajian kedua berupa minuman yang mengandung gula. Hasilnya, tingkat gula dalam darah mereka lebih tinggi 32 kali dari orang yang tidak mengkonsumsi minuman berlemak.

Biasanya, ketika seseorang mengkonsumsi gula, maka tubuhnya akan memproduksi insulin, yang akan membersihkan gula dari dalam darah dan mendistribusikannya ke otot. Namun, ketika seseorang mengkonsumsi makanan berlemak, maka lemak akan mengganggu proses alami dalam tubuh tersebut.

sumber : Hidayattullah.com

Written by: Amrico Zulni
Nice Blog, Updated at: 20.24

0 comments:

Posting Komentar